UMKM KOTA SOLOK SIAP BERSAING DI RANAH INDUSTRI

21 July 2020

Padang – STP Universitas Andalas menjadi tuan rumah dalam penyelenggaraan workshop dan pelatihan mengenai “Pengolahan Sereh Wangi menjadi Produk Turunan yang Unggul”. Kegiatan ini di dampingi langsung oleh ketua STP Universitas Andalas dan dihadiri oleh Tim dari BAPPEDA Kota Solok yang dilaksanakan pada tanggal 21-22 Juli 2020 di Laboratorium Kimia, Biokimia, Hasil Pertanian dan Gizi Pangan Jurusan Teknologi Hasil Pertanian, Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Andalas.

stp 6

STP Universitas Andalas, saat ini tengah menjalin kerjasama dengan pemerintahan Kota Solok terkait inkubasi tenant Kota Solok. Salah satu kegiatan inkubasi yang dilakukan oleh STP Unand terhadap tenant Kota Solok adalah adanya workshop serta pelatihan terkait produk masing-masing. Saat ini, workshop dan pelatihan yang dilakukan berfokus pada Sereh Wangi dan olahan produk turunan lainnya.

 

          Belakangan ini, sereh wangi akan digadang-gadangkan sebagai salah satu produk andalan Kota Solok. Hanya saja, Tenant Kota Solok yang berfokus pada sereh wangi masih mengelolah sereh wangi menjadi produk standar seperti minyak. Padahal, minyak sereh wangi dapat di olah menjadi berbagai macam produk seperti sabun, lotion, lilin aroma terapi dan produk turunan lainnya. Oleh sebab itu sangat penting pemberian ilmu dan informasi kepada tenant agar dapat membuat dan memproduksi produk tersebut sehingga bisa mengembangkan usaha mereka menjadi lebih luas lagi.

stp 1   stp 2 stp 5

stp 3  stp 4

 

            Setelah mendapatkan teori mengenai sereh wangi, tenant kota Solok akan di ajak berkunjung ke Laboratorium Kimia, Biokimia, Hasil Pertanian dan Gizi Pangan Jurusan Teknologi Hasil Pertanian Universitas Andalas. Disini, tenant-tenant tersebut akan diajarkan secara langsung bagaimana cara membuat sabun dan lotion. Selain itu, tenant juga akan diajarkan cara penggunaan program untuk menghitung kebutuhan bahan dalam membuat produksi untuk skala besar agar jumlah bahan yang digunakan seragam sehingga menghasilkan produk yang sama atau homogen. Diharapkan dengan adanya workshop serta pelatihan ini, para tenant mampu memproduksi sendiri produk-produk olahan trunan berbahan dasar sereh wangi yang nantinya dapat dijadikan salah satu ikon Kota Solok.

Kontak Science Techno Park Universitas Andalas

+62-751-72645
stp@unand.ac.id

Alamat Kantor STP

Jl. Moh. Hatta, Kampus Limau Manis Padang Sumbar - Rektorat LPPM - Universitas Andalas