STP UNAND ADAKAN WORKSHOP IMPLEMENTASI TEKNOLOGI PEMBUATAN RENDANG BAGI IKM RENDANG KOTA SOLOK

24 July 2020

Padang- STP Unand. Program inkubasi yang tengah dilakukan oleh Science Techno Park (STP) Universitas Andalas bagi IKM di lingkungan pemerintahan Kota Solok, meliputi 4 bidang pengolahan produk pangan dan pertanian. Empat bidang tersebut meliputi: Minyak atsiri (Sereh wangi), rendang, kopi dan snack (makanan ringan tradisional). Ke-empat produk ini dinilai merupakan potensi daerah, yang sedang dikembangkan oleh Kota Solok.

WhatsApp Image 2020 07 25 at 10.06.09 1

Tahapan inkubasi yang dilakukan oleh STP Unand saat ini telah berada pada tahap pembuatan prototype produk yang dikemas dalam bentuk workshop. Setelah berhasil melakukan workshop bagi IKM minyak atsiri (membuat prototype produk turunan sereh wangi) selasa dan rabu pekan lalu. STP Unand langsung menggelar workshop implementasi teknologi bagi IKM rendang (Jumat, 24 Juli 2020). Kegiatan ini dilakukan di Pusat IKM Rendang Kota Payakumbuh.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Dr. Eka Candra Lina, selaku ketua STP Unand; Koordinator Pusat Produksi dan Inovasi Hasil Riset Unand; Asisten 3 Kota Solok; Kadis Koperindag Kota Solok; Kadis Tenaga kerja dan perindustrian Kota Payakumbuh; dan Kepala UPTD Pusat IKM Rendang Kota Payakumbuh. Workshop yang dilakukan diantaranya adalah pengenalan implementasi teknologi pembuatan rendang kepada IKM. Diantaranya adalah: proses pemasakan menggunakan steamer, alat ini menggunakan uap panas sebagai sumber panas untuk pemasakan (dalam hal ini rendang). Metode steaming (pengukusan) ini merupakan salah satu metode pemasakan yang banyak dilakukan dalam pengolahan bahan pangan. Beberapa metode pengolahan bahan pangan dilakukan dengan tujuan untuk mempertahankan nilai gizi dari bahan pangan tersebut. Pada proses pemasakan rendang dengan mengatur tekanan uap yang dihasilkan dari steamer, sehingga proses pemasakan dapat dilakukan lebih cepat, selain itu steamer juga telah dilengkapi dengan alat pengaduk, sehingga proses pemsakana lebih praktis (tanpa pengadukan manual) dan lebih efisien dibandingkan dengan pembuatan rendang secara manual/tradisional. Seluh alat terbuat dari stainles steel, yang merupakan salah satu bahan yang aman digunakan untuk pengolahan bahan pangan.

WhatsApp Image 2020 07 25 at 10.06.09

Setelah selesai proses pemasakan, IKM juga diperkenalkan dengan teknik pengemasan, pada kesempatan ini dilakukan 2 tipe pengemas, yaitu pengemas kaleng dan pengemas pouch. Seluruh proses dilakukan dengan prinsip sanitasi dan higiena makanan. Hal tersebut bertujuan untuk menghasilkan produk dengan umur simpan yang panjang, hingga nantinya produk bisa dikomersialisasi hingga manca negara, atau sejalan dengan webinar sebelumnya yang diadakan oleh STP Unand dalam program inkubasi IKM Kota Solok juga dengan tema “Internasionalisasi rendang”.

Asisten 3 Kota Solok, Bapak Muhammad menyampaikan apresiasi yang sebesar besarnya kepada Tim Inkubasi STP Unand melalui ketua STP Unand Dr Eka Candra Lina, yang telah menginisiasi workshop implementasi teknologi pembuatan rendang bagi IKM Kota Solok, hingga pelaku usaha atau IKM rendang Kota Solok juga dapat mengenal dan sekaligus dapat menggunakan peralatan yang canggih dalam pembuatan rendang. Kedepannya, semoga IKM Kota Solok semakin maju dan dapat juga mengadakan peralatan yang serupa. Kepada Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Payakumbuh juga disampaikan ucapan terimakasih, telah menyambut dan menfasilitasi sekaligus juga berharap agar dapat berkolaborasi dalam hal komersialisasi produk rendang. Bapak Wal Asri selaku kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Payakumbuh menyambut baik harapan yang disampaikan Asisten 3 Kota Solok tersebut, dengan membuka kolaborasi.

WhatsApp Image 2020 07 25 at 10.06.09 2  

Dr. Eka Candra Lina, pada kesempatan tersebut menyampaikan bahwa “teknologi itu harus diperkenalkan dan sekaligus di implementasikan. Karena dengan teknologi pekerjaan bisa berjalan lebih cepat dan mudah. Saat ini Kota Payakumbuh merupakan salah satu yang memiliki peralatan pembuatan rendang yang telah menerapkan teknologi, makanya kami tim inkubasi membawa IKM Kota Solok ke Pusat IKM rendang Kota Payakumbuh. Alhamdulillah saat ini Kota Payakumbuh juga telah memiliki peralatan pengemasan rendang menggunakan kaleng. Beberapa waktu lalu, STP Unand juga telah melakukan inkubasi bagi IKM rendang di Kota Padang, namun tahap pengenalan pengalengan rendang dilakukan di Yogyakarta”. Ditempat terpisah Dr. Eka Candra Lina menyampaikan: “Kami akan terus melakukan kegiatan yang bermanfaat, seperti mengenalkan dan sekaligus melatih IKM yang mau bergabung menjadi mitra, terutama dalam pemanfaatan teknologi dalam berbagai proses pengolahan produk pangan atau produk lainnya.”

Kontak Science Techno Park Universitas Andalas

+62-751-72645
stp@unand.ac.id

Alamat Kantor STP

Jl. Moh. Hatta, Kampus Limau Manis Padang Sumbar - Rektorat LPPM - Universitas Andalas