INGIN BERKEMBANG PELAKU UMKM JUALAN DI E-COMMERCE

27 January 2020

Padang, (Unand) – Science Techno Park Universitas Andalas memfasilitasi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) menjual produk-produknya melalui e-commerce yang dilaksanakan pada Senin, 27 Januari 2020 bertempat di Dilo Telkom Sumbar.

27 januari 2020 2

Akses pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) menjual produk-produknya melalui e-commerce, belum sepenuhnya sesuai harapan termasuk di Sumbar. Masih terbatasnya kemampuan ditambah skala produksi masih kecil, menjadi hambatan utama, hal ini dikemukakan dalam Pasar Online Mitra dan Tenant Science Techno Park Unand.

            Kegiatan ini menghadirkan perwakilan Shopee Padang, Nanda Saputra yang diikuti tak kurang dari 21 peserta mitra dan tenant STP Unand. Tahap awal dalam kegiatan ini lebih memperkenalkan kepada pelaku UMKM soal seluk beluk berjualan di Shopee dengan begitu, mereka bisa lebih mudah mengakses penjualan lewat e-commerce. Ketua STP Unand mengatakan, bahwa pengguna e-commerce di Indonesia mengalami peningkatan sangat signifikan. Bila ditahun 2014 tercata hanya 19,8 juta orang, namun di tahun ini diperkirakan jumlahnya melonjak tajam menjadi 39,3 juta. Hal ini diperkuat oleh data statistic dari Asosiasi Penyelenggaraan Jasa Internet Indonesia (APJII) yang mencatat bahwa pengguna internet meningkat dengan pesat dari 88,1 juta pengguna di tahun 2015 menjadi 143,26 juta pada tahun 2017. Berdasarkan data itulah, kita melihat bahwa, bila ingin pelaku UMKM berkembang salah satu channel pemasaran yang perlu digarap adalah e-commerce.

27 januari 2020

Kita sangat berharap pelaku usaha yang mengikuti kegiatan ini, bisa menggali informasi soal seluk beluk pemasaran lewat e-commerce. Science Techno Park Unand sejauuh ini sudah membuat inkubasi bisnis terhadap pelaku UMKM di Sumbar. Program yang sudah berjalan sekitar dua tahun ini, sudah mulai memperlihatkan hasil. Beberapa binaan Unand mulai beranjak menuju mandiri. Sementara perwakilan Shopee Padang, Nanda Saputra menyebutkan “pelatihan ini baru tahapan awal bagi pelaku usaha mengenal Shopee dan berjualan secara online”. Selepas kegiatan ini pihak STP Unand terus memantau perkembangan peserta dalam berjualan. Bagi pelaku usaha yang berhasil akan diikutkan dalam pelatihan tingkat lanjut.

27 januari 2020 3

Kontak Science Techno Park Universitas Andalas

+62-751-72645
stp@unand.ac.id

Alamat Kantor STP

Jl. Moh. Hatta, Kampus Limau Manis Padang Sumbar - Rektorat LPPM - Universitas Andalas