IbIIDU Peningkatan Kapasitas SDM Wirausaha Pemula, Mitra dan Tenant Universitas Andalas

27 December 2019

Padang (Unand) - Di penghujung tahun 2019, Universitas Andalas melakukan kegiatan IPTEK BERBASIS INKUBASI INOVASI DAN DUNIA USAHA (IbIIDU) yang bertemakan Peningkatan Jumlah Usaha/Mitra Berbadan Hukum. 

Kegiatan ini selalu dilakukan LPPM Universitas Andalas guna membantu masyarakat dan pelaku usaha untuk dapat melegalkan usaha nya. Legalitas usaha sangatlah penting bagi suatu usaha. 

Selama ini pelaku usaha sering berpikiran bahwa tanpa adanya , acara yang di selenggarakan atas kepedulian Universitas Andalas dalam mendukung para mitra membuat legalitas usaha seperti SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan), usaha mereka dapat juga berjalan sebagaimana mestinya. Padahal dengan memiliki SIUP, 

Para pelaku usaha banyak mendapatkan manfaat dari itu. Usaha kita akan diakui pemerintah secara penuh dan akan mendapatkan perlindungan hukum. Dengan memiliki SIUP, maka pelaku usaha juga akan mudah ketika melakukan pinjaman modal ke bank atau koperasi. Jika usaha kita nantinya akan menjadi bisnis ekspor-impor maka SIUP sangatlah penting untuk dimiliki.  Dengan adanya SIUP, usaha kita juga dianggap telah memiliki kredibilitas sehingga dapat menumbuhkan kepercayaan konsumen terhadap usaha kita.

primafithri3 2

1. Foto bersama Narasumber

Melalui kegiatan ini, yang diketuai oleh Prima Fithri, MT (Dosen Jurusan Teknik Industri) mengundang Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PM&PTSP) Kota Padang yang dihadiri oleh Kabid Administrasi Perizinan, Bapak Spero Meilyora, M.Si, untuk mengajak para pelaku usaha khususnya tenant Universitas Andalas dan mitra Unand pada umumnya untuk beramai-ramai mendaftarkan usahanya melalui Dinas PM&PTSP. Untuk pendaftaran SIUP dan perizinan lainnya tidaklah sulit. Dari tahun 2018 Dinas PM&PTSP telah memiliki website pendaftaran online yang dinamakan SAPO RANCAK (www.pnptsp.padang.go.id).

Para pelaku usaha dapat mendaftar dari mana saja. Prosesnya juga tidaklah serumit yang dibayangkan dan gratis juga tanpa dipungut biaya sepeserpun. Pendaftar cukup melengkapi persyaratan yang telah ditentukan kemudian menunggu selama 5 hari kerja, dan SIUP nya telah berhasil didapatkan. Dengan syarat semua persyaratan lengkap dan tidak ada masalah lainnya.

Pada kegiatan yang telah dilaksanakan pada Hari Jum’at lalu 27/12 peserta yang datang berasal dari tenant Science Techno Park (STP) Universitas Andalas serta mitra Universitas Andalas. Peserta sangatlah antusias dan merasa tertolong bagaimana melakukan proses pendaftaran SIUP tersebut. Kegiatan ini diharapkan semua tenant STP Unand yang terdiri dari 12 tenant telah memiliki legalitas usaha berupa SIUP. Selain itu, juga mitra dan IKM Kota Padang juga tergerak untuk mendaftarkan usahanya dengan segera.

primafithri3

2. Foto bersama Peserta

 

primafithri2

3. Brosur Pelatihan

 

Kontak Science Techno Park Universitas Andalas

+62-751-72645
stp@unand.ac.id

Alamat Kantor STP

Jl. Moh. Hatta, Kampus Limau Manis Padang Sumbar - Rektorat LPPM - Universitas Andalas