IbIIDU Good Manufacturing Produk untuk Produk Berbasis Inovasi

05 December 2019

Padang (Unand) - Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Unand mengadakan pelatihan Good Manufacturing Practice (GMP) untuk produk berbasis inovasi dalam rangka program ipteks bagi inkubasi inovasi dunia usaha (IbIIDU) 2019, di salah satu hotel di Padang, Kamis (5/12/2019).

Sebanyak 50 Usaha Kecil dan Menengah (UKM) berbasis pangan, mitraan Unand yang dilatih. LPPM mengevaluasi penerapan GMP oleh mitraan binaan melalui hasil kusioner. Pada pelatihan tersebut menghadirkan pemateri Reinny Patrisina, Ph.D dan Dr. Alexie Herryandie Bronto Adi, MT. Pelatihan itu menghadirkan 50 UKM berbasis pangan yang merupakan binaan Unand. UKM tersebut tersebar di seluruh wilayah Sumatera Barat. GMP disebut juga Cara Produksi Pangan Olahan yang Baik (CPPOB) dengan memperhatikan aspek keamanan pangan. Mencegah tercemarnya pangan olahan, cemaran biologis, kimia dan benda lain. Mematikan atau mencegah hidupnya jasad renik patogen dan mengendalikan proses produksi. 

WhatsApp Image 2019 12 05 at 09.03.52

1. Foto Narasumber dengan Peserta GMP

Tujuannya untuk penerapan GMP atau CPPOB, agar menghasilkan pangan olahan yang bermutu, aman untuk dikonsumsi dan sesuai dengan tuntutan konsumen. Mendorong industri pengolahan pangan agar bertanggungjawab terhadap mutu dan keamanan produk yang dihasilkan. Selain itu untuk meningkatkan daya saing industri pengolahan pangan dan meningkatkan produktivitas dan efisiensi industri pengolahan pangan. Jadi pelatihan ini sekaligus untuk evaluasi penerapan GMP oleh mitra binaan Unand melalui hasil kuesioner. Ada 50 UKM berbasis pangan merupakan mitraan binaan Unand yang tersebar di Sumbar. Disebutkan GMP itu juga mengonsep mutu pangan yang bermutu, aman untuk dikonsumsi, higienis dan memberi nilai manfaat. Pangan yang aman dan bermutu itu, bebas dari bahaya, kimia, fisika, biologis (mikrobiologis), kepercayaan. Memenuhi standar, konsumen, peraturan (regulasi) dan industri.

 

Kontak Science Techno Park Universitas Andalas

+62-751-72645
stp@unand.ac.id

Alamat Kantor STP

Jl. Moh. Hatta, Kampus Limau Manis Padang Sumbar - Rektorat LPPM - Universitas Andalas